Nama
|
:
|
................................
|
No
|
:
|
................................
|
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KECAMATAN WEDARIJAKSA
SEKOLAH DASAR
Alamat
: Desa Wedarijaksa, Kecamatan Wedarijaksa Kabupaten Pati Kode Pos 59152
ULANGAN TENGAH SEMESTER II SEKOLAH DASAR
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
Mata
Pelajaran : Bahasa Indonesia Hari/Tanggal : Senin, 6 Maret 2017
Kelas : VI ( Enam ) Waktu : 07.00 – 09.00 ( 120 menit )
PETUNJUK UMUM :
1.
Tulislah nama dan nomormu di sudut kanan
atas pada lembar jawaban!
2.
Bacalah dengan teliti setiap petunjuk
mengerjakan soal!
3.
Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang
kamu anggap mudah!
4.
Periksalah pekerjaanmu sebelum
diserahkan kepada Bapak/Ibu Gurumu!
PETUNJUK KHUSUS :
I.
Berilah tanda silang (x) pada huruf a,
b, c atau d di depan jawaban yang paling benar!
Bacalah teks berikut
untuk menjawab soal nomor 1 – 5!
Si Pintar dari Fiorentina
Leonardo
da Finci lahir di kota kecil dekat Vinci, Italia, 15 April 1452. Pada tahun
1460-an, ia menetap di Florence bersama
orang tuanya. Di kota inilah ia mempelajari seni lukis dan seni musik. Ia juga
terkenal sebagai pematung, arsitek, bahkan ahli mesin.
Salah
satu karyanya yang terkenal adalah Monalisa. Karya ini pernah dicuri orang pada
tahun 1911. Para pecinta seni lukis di dunia tentu saja gelisah. Namun, dua
tahun kemudian lukisan ini ditemukan kembali. Jika tidak, kita akan kehilangan
karya besar selamanya.
Monalisa
dianggap menarik karena pecinta seni merasa kadang-kadang lukisan tersebut
tampak tersenyum. Namun, dipandang dari sudut lain, wajah dalam lukisan tampak
berwajah muram. Kebanyakan orang pun mempertanyakan, apakah sebenarnya ia
tersenyum atau sedang muram.
Selain
Monalisa, Leonardo juga mempunyai lukisan lain seperti: Last Supper, John The
Baptist, Madonna Litta, dan lain-lain. Leonardo meninggal pada tahun 1519.
Meskipun demikian, karyanya tetap hidup hingga sekarang dan telah menjadi
inspirasi bagi banyak orang, terutama seniman.
1.
Apa nama lukisan Leonardo Da Vinci yang
terkenal?
a. Last
Supper
b. John
The Baptist
c. Monalisa
d. Madonna
Litta
2.
Mengapa para pecinta seni lukis gelisah?
a. Leonardo
tidak hanya sebagai pelukis, tetapi juga sebagai pematung dan arsitek .
b. Salah
satu karya terbesar Leonardo pernah dicuri orang.
c. Lukisan
Monalisa menampakkan wajah yang sedang muram.
d. Pecinta
seni merasa akan kehilangan karya besar selamanya.
3. Kalimat
tanya yang sesuai dengan paragraf ketiga pada bacaan tersebut adalah ....
a. Apa
yang menyebabkan Monalisa tersenyum ketika dipandang?
b. Mengapa
Monalisa menarik perhatian pecinta seni?
c. Kapan
Monalisa menarik perhatian pecinta seni?
d. Bagaimana
cara pecinta seni memandang Monalisa?
4. Ide
pokok paragraf pertama bacaan tersebuat adalah ....
a. riwayat
hidup Leonardo Da Vinci
b. ketenaran
lukisan Leonardo Da Vinci
c. Monalisa
nama lukisan terkenal
d. sudut
pandang lukisan Monalisa
5.
“Pendengar
yang budiman, pupuk pestisida dan berbagai antibiotik tanaman dapat mencemarkan
lahan pertanian.”
Informasi di atas diperoleh melalui ....
a. media
massa
b. surat
kabar
c. radio
d. televisi
6. Jumlah
penduduk Indonesia menduduki urutan keempat terbesar di dunia. Banyak masalah
yang ditimbulkan dengan besarnya jumlah penduduk tersebut. Masalah tersebut di
antaranya rendahnya tingkat kesejahteraan masyarakat, tingginya angka pengangguran,
meningkatnya kriminalitas, dan munculnya daerah kumuh di perkotaan. Oleh karena
itu, pertumbuhan penduduk harus dikendalikan.
Simpulan berita di atas yang tepat ...
a. Besarnya
jumlah penduduk Indonesia.
b. Masalah
akan muncul karena besarnya jumlah penduduk.
c. Program-program
untuk mengendalikan jumlah penduduk.
d. Manfaat
jumlah penduduk yang besar.
Cuplikan berita berikut untuk menjawab
soal nomor 7 – 8.
Wisata
kuliner menjadi salah satu daya tarik di Kota Solo. Salah satunya, serabi legendaris
yang terletak di Jalan M. Yamin. Apalagi kalau bukan serabi notosuman, yang
tetap dipertahankan sejak tahun 1923.
Seorang
pembuat serabi, Tinus, pun berbagi pengalaman. Membuat serabi dengan tungku
arang baginya merupakan pekerjaan yang gampang-gampang susah. “Hampir setiap
hari ada yang gosong,” ujarnya. Sementara itu, pemilik generasi keempat,
Yohana, mengatakan, serabi ini memang tetap dipertahankan. Namun, ada inovasi
baru, yakni menggulungnya dengan daun pisang.
7. Kalimat
tanya yang sesuai dengan paragraf di atas adalah ....
a. Bagaimana
cara membuat serabi notosuman?
b. Mengapa
serabi notosuman tetap bertahan ?
c. Siapa
yang pertama kali mengenalkan serabi notosuman?
d. Apa
inovasi baru pembuatan serabi notosuman?
8. Informasi
yang sesuai isi bacaan di atas adalah
....
a. Pembuatan
serabi gampang-gampang susah.
b. Kota
Solo merupakan pusat pembuatan serabi
c. Kota
Solo tempat wisata kuliner serabi legendaris.
d. Serabi
yang terkenal adalah serabi solo.
9. Nelayan
sudah mengetahui ikan mati sejak Kamis kemarin. Semula nelayan masih menganggap
normal. Namun, hari ini jumlah ikan yang mati semakin banyak, dan ini membuat
resah para nelayan. Apalagi warna kemerah-merahan bertambah luas hingga ke
tengah laut. Kalau banyak ikan kecil yang mati pasti tangkapan ikan akan
berkurang.
Hal pokok yang terdapat pada paragraf di atas adalah
....
a. Semula
nelayan masih menganggap hal yang wajar.
b. Jumlah
ikan yang mati semakin banyak dan menyebar luas.
c. Ikan
yang kemerah-merahan bertambah luas hingga ke tengah laut.
d. Banyaknya
ikan kecil yang mati meresahkan nelayan.
Bacalah cuplikan paragraf berikut untuk menjawab
soal nomor 10 – 11.
Dewasa
ini, pemerintah makin menyadari pentingnya pendidikan bagi kemajuan suatu
bangsa. Program pemberian dana BOS untuk SD/MI dan SMP/MTS menjadi salah satu
bukti kepedulian pemerintah untuk segera menuntaskan program wajib belajar 9
tahun menuju program wajib belajar 12 tahun. Hal tersebut memungkinkan semua
warga negara Indonesia mengenyam pendidikan tanpa harus terbebani biaya
sekolah.
10. Ringkasan
yang tepat paragraf tersebut adalah ....
a. Pemerintah
Indonesia memberikan dana BOS untuk SD/MI dan SMP/MTS untuk menuntaskan program
wajib belajar 9 tahun .
b. Pemerintah
memberikan dana BOS untuk menuntaskan program wajib belajar 9 tahun dan 12
tahun .
c. Pemerintah
memberikan dana BOS bagi warga negara yang mengalami kesulitan biaya pendidikan.
d. Pemerintah
Indonesia mengharuskan semua warga negara Indonesia mengenyam 12 tahun.
11. Tema
paragraf di atas adalah ....
a. pemerintahan
b. kepedulian
c. pendidikan
d. lingkungan
12. Berikut bukan ciri-ciri berita yang baik adalah ....
a.
menarik perhatian
b.
singkat , lugas, sederhana
c.
aktual
d.
tidak menarik
Cermati cuplikan drama berikut untuk menjawab pertanyaan nomor 13
s.d. 15 !
Hani :
“Ayo, Indra kita berangkat sekarang! Jangan sampai kita terlambat lagi.”
(sambil menatap Indra).
Indra :
“Iya, aku juga tidak enak dengan teman-teman jika terlambat lagi.”
(sedikit tergesa-gesa
berjalan).
Hani :
“Baiklah. Jangan kecewakan teman-teman lagi. Ayo, kita segera ke
rumah
Iwan.”
13. Latar suasana dalam kutipan drama di atas adalah ....
a.
sedih
b.
tergesa-gesa
c.
cemas
d.
terharu
14. Amanat yang terkandung dalam kutipan drama di atas adalah ....
a.
Jangan kecewakan orang lain.
b.
Jangan berburuk sangka pada orang lain.
c.
Hargailah teman-temanmu.
d.
Disiplin waktu sangatlah penting .
15. Jika sebuah cerita menceritakan
peristiwa-peristiwa secara maju dari kecil sampai dewasa, berarti cerita
tersebut menggunakan alur ....
a.
mundur
b.
maju
c.
campuran
d.
maju mundur
16.
Ida Ayu : Apa yang sedang kamu pikirkan,
Nisa?
Cut Nisa : Tidak ada, Ida...
Ida Ayu : Kamu jangan berbohong, Nis. Dari tatapan matamu terlihat kamu sedang
Cut Nisa : Tidak ada, Ida...
Ida Ayu : Kamu jangan berbohong, Nis. Dari tatapan matamu terlihat kamu sedang
memikirkan sesuatu.
Cut Nisa : ....
Ida Ayu : O, itu masalahmu.
Pernyataan yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ....
Cut Nisa : ....
Ida Ayu : O, itu masalahmu.
Pernyataan yang tepat untuk melengkapi naskah drama tersebut adalah ....
a.
Aku senang karena
sebentar lagi akan merayakan ulang tahun.
b.
Aku mencoba menghibur
diri karena sebentar lagi akan ujian.
c.
Aku memang mengalami
sedikit masalah Da.
d.
Aku bingung, Da.
Mengapa akhir-akhir ini aku sering dimarahi Pak Goris?
17.
1) novel
2) prosa
3) cerpen
4) drama
Dari keempat pernyataan di atas, karya sastra yang
dipentaskan adalah ....
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
18.
Bacalah cuplikan drama berikut!
Ibu :
“Sejak tadi Anto belum pulang. Padahal ia belum makan siang, mandi sore.
Sekarang sudah magrib dan dia belum pulang juga.”
Heri :”Tenang,
bu. Kita tunggu sebentar lagi.”
Tema cuplikan drama di atas adalah ....
a.
kesakitan
b.
kesedihan
c.
kekhawatiran
d.
kemarahan
Perhatikan data di bawah ini!
1) menghafalkan dialog drama
2) membaca teks drama secara seksama
3) memahami karakter tokoh yang diperankan
4) mendiskusikan kekurangan drama yang telah
dipentaskan
19.
Dari data di atas, hal yang tidak perlu
dilakukan sebelum melakukan pementasan drama adalah nomor ....
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
20. Perhatikan
kerangka pidato berikut!
1) Isi
2) Pendahuluan
3) Penutup
4) Salam pembuka
5) Salam penutup
Urutan kerangka pidato yang tepat adalah ....
a.
4 – 2 – 1 – 3 – 5
b.
2 – 4 – 1 – 3 – 5
c.
4 – 1 – 2 – 3 – 5
d.
1 – 2 – 4 – 5 – 3
21. Teks pidato
yang lengkap terdiri atas ....
a.
pendahuluan, isi, dan penutup
b.
puji syukur, isi, dan penutup
c.
pendahuluan, isi, dan kesimpulan
d.
puji syukur, isi, dan kesimpulan
Penggalan
teks pidato berikut untuk menjawab soal nomor 22 dan 23!
Kami siswa kelas VI mengucapkan terima kasih kepada
Bapak dan Ibu Guru yang telah mendidik kami dengan keikhlasan dan kesabaran.
Karena itulah, kami dapat memperoleh nilai-nilai yang baik. Kami juga mohon maaf kepada bapak dan ibu
guru atas apa yang telah Kami lakukan selama ini.
22. Kalimat
penutup pidato yang tepat untuk melengkapi teks pidato tersebut adalah ....
a.
Terima kasih atas kehadiran Bapak dan Ibu Guru yang
sudah hadir pada acara perpisahan kelas VI.
b.
Demikianlah yang dapat kami sampaikan, jika ada tutur
kata yang tidak berkenan, kami mohon maaf,
c.
Kami juga mohon doa agar kami dapat meanjutkan ke
jenjang yang lebih tinggi dan sekolah yang kami inginkan.
d.
Banyak kenangan yang kami alami. Selama kami sekolah
di sini,baik kenangan yang menyenangkan maupun yang menyedihkan.
23. Penulisan yang
tepat pada ejaan dan tanda baca kalimat yang dicetak miring pada teks pidato
tersebut adalah ....
a.
Kami juga mohon maaf kepada Bapak dan Ibu Guru atas
apa yang telah kami lakukan selama ini.
b.
Kami juga mohon maaf kepada Bapak dan ibu guru atas
apa yang telah kami lakukan selama ini.
c.
Kami juga mohon maaf kepada bapak dan Ibu Guru atas
apa yang telah kami lakukan selama ini.
d.
Kami juga mohon maaf Kepada bapak dan ibu Guru atas apa
yang telah kami lakukan selama ini.
Bacalah cuplikan pidato berikut untuk menjawab soal
nomor 24 dan 25!
............
Makanan
berpengawet kurang baik bagi kesehatan kita. Jika dikonsumsi secara berlebihan,
mengakibatkan kerusakan sistem pernapasan, kanker hati, kanker paru-paru, dan
lain-lain.
................
24. Kalimat pembuka
pidato di atas yang tepat adalah ....
a.
Pada kesempatan ini, saya yakin kalian sering makan
makanan berpengawet.
b.
Pada kesempatan ini, saya akan bertanya tentang
makanan berpengawet.
c.
Pada kesempatan ini,
saya akan menjelaskan bahaya makanan berpengawet.
d.
Pada kesempatan ini, saya bermaksud mendata bahaya
makanan berpengawet.
25. Kalimat penutup
pidato tersebut yang tepat adalah ....
a.
Sekian penjelasan saya, terima kasih sebab kalian
tidak lagi jajan sembarangan.
b.
Bapak doakan semoga kalian bisa terhindar dari
berbagai macam penyakit.
c.
Mudah-mudahan sejak sekarang kalian mengurangi
mengonsumsi makanan berpengawet.
d.
Demikianlah bahaya-bahaya yang ditimbulkan oleh makan
berpengawet.
26. Salah satu
langkah dalam menulis pidato adalah ....
a.
melakukan survey tempat pidato
b.
menentukan sumber pidato
c.
menyusun kerangka pidato
d.
membaca buku sebanyak-banyaknya
27. Bagian
pidato yang merupakan hal-hal pokok yang dibicarakan disebut ....
a.
salam pembuka
b.
pembukaan
c.
isi pidato
d.
penutup
28. 1) berpidato dengan lafal dan intonasi yang
tepat
2) berpidato dengan dandanan yang
mencolok
3) menguasai materi pidato
4) berpidato dengan bahasa yang yang
runtut dan komunikatif
Hal yang tidak perlu diperhatikan jika kita berpidato adalah ....
a.
1)
b.
2)
c.
3)
d.
4)
29. Orang yang
ahli berpidato disebut ....
a.
orator
b.
narator
c.
operator
d.
aktor
30. Tujuan membuat
kerangka pidato adalah ....
a.
merumuskan tujuan pidato yang akan disusun
b.
agar mudah
menentukan tema pidato
c.
membahas masalah pidato yang akan disampaikan
d.
memudahkan dalam menyusun pidato
31. Andi adalah
anak yang rajin dan pandai di sekolahnya. Setiap tahun dia menjadi juara satu
dan meraih berbagai penghargaan. Padahal keadaan keluarganya sederhana. Setiap
pulang sekolah dia selalu membantu ibunya berjualan makanan. Setelah itu, dia
baru bisa belajar di rumah mengandalkan lampu minyak karena di rumahnya belum
ada listrik. Makna tersirat dari cerita tersebut adalah ....
a.
Meskipun dalam keadaan sederhana,tidak ada halangan
bagi Andi untuk meraih prestasi dengan tekun belajar.
b.
Setiap pulang sekolah Andi selalu membantu ibunya
berjualan.
c.
Andi adalah murid yang pintar dan selalu mendapat
penghargaan.
d.
Rumah Andi adalah satu-satunya yang belum dialiri
listrik.
Paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 32 – 34!
Tanah
gersang dan udara panas merupakan ciri khas kota Bojonegoro. Dengan
ciri khas tersebut, tanaman yang cocok tumbuh hanyalah tembakau. Tanaman lain
banyak yang mati dengan iklim tersebut. Di tanah kering dan udara panas menyengat, tanaman tembakau justru
tumbuh subur.
32. Makna
kalimat yang dicetak miring dalam paragraf tersebut adalah ....
a.
Tanah kering dan udara panas enjadi ciri khas daerah
Bojonegoro.
b.
Tidak semua tanaman dapat hidup seperti tembakau.
c.
Keadaan tanah di Bojonegoro berbeda dengan tanah di
daerah lainnya.
d.
Tidak semua tanaman cocok di daerah gersang dan panas.
33. Tanah
gersang dan udara panas merupakan ciri khas kota Bojonegoro.
Arti kata gersang pada pada
paragraf di atas adalah ....
a.
gembur
b.
hitam
c.
kering
d.
keras
34. Antonim kata
panas dalam paragraf tersebut adalah
....
a.
segar
b.
dingin
c.
basah
d.
lembap
35.
Judul buku : Mari Menanam Bunga
Penulis
:
Akriman Sunarto
Tahun
Terbit : 2006
Keterangan
tersebut menjelaskan ....
a.
kerangka buku
b.
data buku
c.
isi buku
d.
penerbit buku
II. Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
Penggalan berita berikut untuk menjawab soal nomor 36 – 37.
Selamat pagi pemirsa!
Saudara, musim kemarau panjang
melanda negara kita tahun ini. Dimana-mana masyarakat merindukan turunnya
hujan. Kekeringan melanda hampir 80% daerah pertanian di Indonesia. Hal
ini sangat memprihatinkan kita semua.
Sawah-sawah mengalami kekeringan dan
kehilangan sumber air. Para petani hanya bisa memandang dengan sedih daun-daun
padi yang kering kerontang dan mati terkulai. Kekeringan ini bukan saja melanda
lahan pertanian, tetapi menjurus ke kekurangan air minum bagi masyarakat.
36. Pokok permasalahan
yang terjadi pada cuplikan teks bacaan berita tersebut adalah …..
37. Kalimat
utama yang terdapat pada paragraph kedua pada isi teks bacaan berita tersebut
adalah …..
38. Berita-berita
aktual bisa kita dapatkan melalui internet.
Sinonim kata aktual dalam kalimat
di atas adalah ....
Bacalah cuplikan drama berikut untuk menjawab soal nomor 39 -41!
Rudi :”Man, siap berangkat?”
Arman :”Ayo!”
Reva :”Mau ke mana,Kak? Aku
ikut.”(Tiba-tiba Reva masuk dari halaman)
Rudi :” Boleh. Kita minta
izin Bapak dan Ibu dulu, ya.”
Ibu :”Mau ke mana? (Ibu
keluar dar kamar dan ikut duduk di ruang tamu)
Rudi :” Nonton sepak bola,
Bu!
Ibu :”Iya, hati-hati di
jalan.”
39. Topik drama
tersebut adalah ....
40. Amanat
cuplikan drama tersebut adalah ....
41. Tanda baca
yang digunakan untuk memisahkan nama pelaku dan dialog yang diucapkan dalam
drama adalah ....
42. Tokoh
antagonis adalah tokoh yang memerankan watak . ...
43. Banyak yang
mengatakan bahwa dia besar mulut.
Arti ungkapan besar mulut adalah ....
44. Untuk
mengetahui garis besar isi buku, kita dapat melihat judul-judul bab buku
tersebut pada bagian .....
45. Hal utama
yang perlu dipersiapkan sebelum berpidato adalah menentukan .....
Jawablah
pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengn benar!
46. Sebutkan
langkah-langkah dalam menyimpulkan isi berita!
47. Sebutkan
4 unsur intrinsik drama!
48. Sebutkan 2
teknik berpidato beserta penjelasannya!
49. Apa
saja yang perlu ditulis dalam melaporkan isi buku? Sebutkan!
50. Sekolahmu
melaksanakan upacara dan mengadakan berbagai lomba untuk memperingati Hari
Pendidikan Nasional. Kamu diminta untuk memberikan sambutan dalam acara
tersebut.
Buatlah kerangka pidato untuk memberi sambutan dalam acara peringatan hari Pendidikan Nasional!
Buatlah kerangka pidato untuk memberi sambutan dalam acara peringatan hari Pendidikan Nasional!
KUNCI JAWABAN ULANGAN AKHIR SEMESTER 2 SEKOLAH DASAR
MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
KELAS VI
TAHUN PELAJARAN 2016/2017
I.
1. c 11.
c 21. a 31. a
2. b 12. d 22. b 32. a
3.
b 13. b 23. a 33. c
4. a 14. d 24. c 34. b
5. c 15. a 25. d 35. b
6. b 16. d 26. c
7. d 17. d 27. c
8. c 18. c 28. b
9. b 19.
d 29. a
10. a 20.
c 30. d
II. 36. Musim kemarau panjang
37. Sawah-sawah mengalami kekeringan dan
kehilangan sumber air.
38.
terbaru
39.
akan menonton sepak bola
40.
Jika akan pergi harus izin orang tua
41.
tanda titik dua ( : )
42.
jahat/jelek
43.
suka berbohong/membual
44.
daftar isi buku
45.
tema
III. 46. - menyimak berita yang didengar
- mencatat
pokok-pokok isi berita
- menyimpulkan
isi berita
47. Unsur
intrinsik drama: tokoh, watak, latar, alur, dialog,amanat, tema
48. Teknik
pidato
1. membaca naskah : sebelum
berpidato, naskah disiapkan lalu dibaca saat berpidato
2. hafalan :
menyusun naskah pidato, kemudian
3. ekstemporan : menyusun
naskah pidato secara garis besarnya
saja, kemudian
dikembangkan pada waktu penyampaian pidato
4. impromtu/serta merta : pidato tanpa persiapan
49. Yang
perlu ditulis dalam melaporkan isi buku:
1. Judul buku.
2. Pengarang buku.
3. Nama penerbit
4. Jumlah halaman.
5. Isi buku.
1. Judul buku.
2. Pengarang buku.
3. Nama penerbit
4. Jumlah halaman.
5. Isi buku.
50. Jawaban:
a. Pendahuluan
1) Salam pembuka
2) Ucapan syukur kepada Tuhan
b. Isi
1) Mengingat jasa tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.
2) Mari kita tingkatkan prestasi belajar.
3) Mari kita menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah agar tercipta suasana belajar
a. Pendahuluan
1) Salam pembuka
2) Ucapan syukur kepada Tuhan
b. Isi
1) Mengingat jasa tokoh pendidikan Ki Hajar Dewantara.
2) Mari kita tingkatkan prestasi belajar.
3) Mari kita menjaga kebersihan dan ketertiban sekolah agar tercipta suasana belajar
yang
nyaman.
4) Himbauan agar semua siswa berpartisipasi dalam lomba yang akan dilaksanakan
c. Penutup
1) Permohonan maaf jika ada kesalahan dalam bertutur kata selama pidato.
2) Harapan dan imbauan.
3) Salam penutup
4) Himbauan agar semua siswa berpartisipasi dalam lomba yang akan dilaksanakan
c. Penutup
1) Permohonan maaf jika ada kesalahan dalam bertutur kata selama pidato.
2) Harapan dan imbauan.
3) Salam penutup
Skor penilaian :
No
|
Bentuk Soal
|
Jumlah
Soal
|
Skor
|
Jumlah
|
1
|
PG
|
35
|
1
|
35
|
2
|
Isian
|
10
|
2
|
20
|
3
|
Uraian
|
5
|
5
|
25
|
|
|
50
|
|
80
|
Nilai
= jumlah skor : 8 = 10
Tidak ada komentar:
Posting Komentar